Profil

Profil Program Seminar dan Workshop Model Pembelajaran Pemahaman Al Quran Terpadu Sistem 40 Jam

Dasar pemikiran

  1. Al Quran hadir semata-mata untuk memberikan petunjuk kehidupan yang aplikatif dan menjanjikan kebahagiaan hdup dunia akhirat.
  2. Sebagai petunjuk, mustahil Al Quran dapat diaplikasikan tanpa melalui proses pemahaman terlebih dahulu.
  3. Asumsi umum bahwa mempelajari Al Quran terlalu sulit bahkan tidak mungkin dapat dipelajari dan dipahami secara keseluruhan adalah tidak benar.
  4. Orientasi pelajaran intra kurikuler maupun ekstra kurikuler pendidikan agama Islam di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat masih didominasi hanya sampai di tatanan pengenalan, baik itu materi baca dan tulis Al Quran maupun materi bahasa Al Quran itu sendiri.
  5. Belum terkolaborasinya keilmuan pendidikan pesantren dengan pendidikan perguruan tingi ke dalam skill para tenaga pendidik dan para da’I di bidang pendidikan keilmuyan Al Quran.
  6. Paradigma system pengajaran melalui kegiatan kerohanian Islam / keagamaan yang diselenggarakan oleh sekolah maupun masyarakat umum terhadap peningkatan kualitas iman dan taqwa para peserta didik khususnya pada pemahaman Al Quran masih mengarah pada system pengajaran satu arah (pengajian), belum menyentuh pada system pengajaran dua arah (pelatihan).
  7. Pendidikan pemahaman Al Quran di sekolah formal dan non formal mempunyai peran strategis dalam pengembangan system pendidikan nasional di Indonesia khususnya dalam bidang pemahaman Al Quran.

Tujuan Program

  1. Meningkatkan kesadaran dan kualitas komponen umat Islam terhadap pemahaman isi kandungan Al Quran sebagai pedoman hidupnya.
  2. Meningkatkan kecintaan dan semangat dalam mengenal, membaca dan memahami Al Quran.
  3. Memberikan motivasi/dorongan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengembangkan program pemahaman Al Quran tersebut di lingkungan sekolah.
  4. Meningkatkan mutu pendidikan agama Islam tentang pemahaman Al Quran yang sarat dengan nilai-nilai moralitas dan edukatif.
  5. Mengintegrasikan kolaborasi ilmu pesantren dengan ilmu perguruan tinggi bidang pemahaman Al Quran ke dalam skill para tenaga pendidik.
  6. Meningkatkan kualitas iman dan taqwa di lingkungan pegawai negeri sipil khususnya tentang pila dan etika dalam bekerja menurut ajaran Al Quran sehingga dapat memberikan konstribusi yang optimal terhadap pembangunan nasional.

Harapan Program

  1. Masjid Istiqlal melalui Tim Pelaksana Penyelenggara Pelatihan Pemahaman Al Quran & al Hadits dalam rangkan merintis gerakan Nasional Pemahaman dan Pengamalan Al Quran di Indonesia mengharapak kebersamaan dan kepedulian para pemangku kepentingan khususnya para pihak yang terkait terhadap kualitas pemahaman Al Quran guna mewujudkan sinergitas pembangunan mental spiritual sehingga dapat memberikan konstribusi yang optimal terhadap pembangunan nasional.

Terobosan Program

Berangkat dari dasar pemikiran tujuan dan harapan tersebut di atas, masjid Istiqlal Jakarta melalui Tim Pelaksana Penyelenggara Pelatihan Pemahaman Al Quran dan Al Hadits menempuh upaya strategis serta langkah konkret merintis gerakan nasional memahami dan pengamalan Al Quran di seluruh Indonesia melalui kegiatan seminar dan workshop model pembelajaran pemahaman Al Quran terpadu.

Nama Program / Kegiatan

Nama program ini adalah seminar dan workshop model pembelajaran pemahaman Al Quran terpadu.

Peserta Program

Peserta seminar dan workshop angkatan 1 sebanyak 10.000 orang dilaksanakan selama 25 tahap (setiap tahap 400 peserta) meliputi komunitas:
  1. Tenaga pendidik dan kependidikan di Jakarta dan sekitarnya
  2. Para penyuluh agama Islam
  3. Badan dakwah Islam instansi pemerintah atau swasta
  4. Pengurus dewan masjid di Jakarta dan sekitarnya
  5. Pengurus majelis taklim
  6. Para muballigh
  7. Kalangan perguruan tinggi negeri atau swasta
  8. Himpunan persaudaraan haji
  9. Para pecinta Al Quran

Waktu dan tempat

  • Waktu: Pukul 08.00 – 15.00 WIB / jadual kegiatan terlampir
  • Tempat:Aula masjid Istiqlal Jakarta (ruang 34)

Sumber dana

Bersifat swadaya diperoleh dari kontribusi atau biaya pendaftaran para peserta kegiatan maupun sumbangan dari pihak lain yang tidak mengikat.

Didukung oleh:
  • MUI | Majelis Ulama Indonesia
  • Kemenag | Kementerian ِAgama RI
  • Kemendiknas| Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Sambutan ketua BPPMI

بسم الله الرحمن الرحيم

Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita berada dalam naungan ridha-Nya.

Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, yang membawa misi keselamatan dunia akhirat.

Untuk mendorong dan menggairahkan umat Islam mengarah kepada masalah pemahaman Al Qur’an, sehingga mencermikan lingkungan yang Qurani mereka TPPPTQ Masjid Istiqlal Jakarta insya Allah akan mengadakan kegiatan Seminar Workshop “Model Pembelajaran Pemahaman Al Quran dan Al Hadist Terpadu” angkatan pertama 10.000 orang peserta, secara bertahap dan ditindak lanjuti dengan program pendidikan dan pelatihan.

Kegiatan tersebut telah sukses diujicobakan pada komunitas tenaga pendidikan dan kependidikan, di 5 Wilayah Kota Administratif se-Provinsi DKI Jakartta yang terbagi dalam 22 angkatan pada tahun 2011/2012, 8 kota/Kab seprovinsi Banten dan 25 kota/Kab di provinsi Jawa Barat 2013/2014. (Sebagaimana kesan dan pesan peserta halaman 25 terlampir)

Sehubungan dengan hal tersebut, kami harapkan dukungan dari berbagai pihak agar kiranya kegiatan tersebut sukses diselenggarakan.

Atas dukungan dan bantuannya kami haturkan terima kasih, semoga Allah meridhai langkah-langkah kita. Amin.

Jakarta 9 Dzulhijjah 1435 H / 4 oktober 2014


Drs. H. Mubarok, M.Si
Ketua

Comments

Popular posts from this blog

Media Belajar