Pendahuluan Materi Belajar

Pendahuluan Materi Belajar. Berikut ini adalah penjelasan sekilas model pembelajaran pemahaman Al Quran terpadu sistem 40 jam yang diadakan oleh Tim penyelenggara pelatihan pemahaman Al Qur’an dan Al Hadits Masjid Al Istiqlal Jakarta.

Program ini merupakan ijtihad para asatidz untuk memberikan solusi atas berbagai keprihatinan dan kegalauan umat Islam terhadap pemahaman Al Quran.


Program ini berorientasi pada peningkatan skill dalam bidang pemahaman sampai kepada kemampuan mengajarkan, lulus pakt 6 mampu mengajar paket 1, lulus paket 7 mampu mengajarkan paket 2, dst dan metitikberatkan pada perubahan paradigma baru dalam system pengajaran yaitu peralihan sitem pengajian mengarah kepada system pelatihan (training)

Program ini berbasis pelatihan melalui system pemahaman bukan hafalan, contoh dzalika al kitabu dan dzalika bi annalaaha, sama-sama dzalika tetapi maknanya beda, ditentukan oleh kata sebelum atau sesudahnya.

Dimulai dari pengenalan bahasa dipadukan dengan ilmu alatnya, contoh: yu’minuuna, yunfiquuna, yuqiimuuna; merupakan pola yang sama bahwa setiap kata yang diawali dengan huruf ya dan diakhiri dengan huruf wawu dan nun, merupakan bentuk kata kerja dengan subjek mereka…
Pada umumnya pembelajaran al quran dimulai dari juz ‘Amma (juz 30), dari belakang, tetapi program ini dimulai dari surah al Fatihah, Al Baqarah, Ali Imran, dst; menurut sunntullah dan tauqif Rasulullaah SAW.

Esensi program ini bukan pada pola terjemahnya, akan tetapi pada aplikasi ilmu alatnya.
Pengusaan 3.624 kosa kata, cirri –ciri dan tanda-tandanya, kemudian baru mempelajari ilmu alatnya, dengan kata lain belajar bahasa lalul tata bahasanya, melalui pendekatan pemahaman bukan hafalan, dikemas dalam sistem 40 jam. Materi kajian di ambil dari surat Al Baqarah yang merupakan miniature bahasa Al Quran 30 juz dari sekitar 108.000 kosa kata 89 % terwakili di dalam surat al Baqarah.

Program ini merupakan kajian al quran sekaligus dengan bahasa arabnya. Dengan cara klasikal maksimal 27 orang, dikelompokan berdasar kemampuan baca, seminggu sekali 60-90 menit, penekanan pada evaluasi, dilengkapi dengan buku-buku panduan dan media pembelajaran.
Berjenjang mulai dari tingkat dasar, menengah, atas dan tinggi, lulus paket 6 wajib mengajar paket 1.

Tujuan Program

  1. Turut serta membantu pemerintah dalam mensukseskan pembangunan nasional khususnya bidang metaspiritual.
  2. Mengaktualisasikan nilai-nilai al quran dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.

Visi dan misi Program

  • Visi: mendorong tumbuhnya kesadarn umat Islam dalam membaca, memahami dan mengamalkan Al Quran, sehingga tercipta kehidupan yang Qurani.
  • Misi: gerakan mencerdaskan umat Islam, cerdas membaca, cerdas memahami dan menghafal Al Quran.

Comments

Popular posts from this blog

Download DVD Video Media Visualisasi Program AlQuran 40 Jam

Media Belajar