Media Belajar

Media Pembelajaran Al Quran Sistem 40 Jam Masjid Istiqlal. Pada media pembelajaran pertemuan ke 1 88 kosakata dengan jumlah kosa kata yang baru terdiri atas 53 kosa kata dan kosa kata ulang sebanyak 35 kosa kata.


Pertemuan ke 1 terdiri atas 88 kosakata




Pada contoh materi pertemuan ke 1 di atas, mulai dari surah Al Fatihah s/d Al Baqarah ayat 5 terdiri atas 88 kosa kata, kosa kata baru 53, kosa kata diulang 35.
Kosakata yang bertanda kotak adalah merupakan kosa kata kunci, sedangkan kosakata yang tidak bertanda kotak adalah meruakan kosa kata ulang dari kosa kata kunci.

Sebagai contoh pada surah Al Fatihah ayat 23, kosakata Ar Rahman dan Ar Rahim merupakan pengulangan kosakata Ar rRahman dan Ar Rahim sebelumnya yang terdapat pada ayat 1, begitu pula kosa kata “Wa” yang terdapat pada ayat 5 merupakan kosa kata kunci yang diulang pada ayat 7 dan 3, 4, 5 surah Al Baqarah.

Dari total 88 kosa kata yang terdapat pada materi pertemuan ke 1, yang dipelajari hanya 53 kosa kata, karena sisanya yang 35 merupakan kosa kata ulang.

Pertemuan ke 2 terdiri atas 95 kosakata

Pada contoh materi pertemuan ke 2 ini, dimulai dari Surah Al Baqarah ayat 6 s/d 12 terdiri dari 95 kosakata.




Kosakata “INNA” pawa awal ayat bertanda kotak alias kosakata kunci, karena pada ayat sebelumnya (di pertemuan ke 1) tidak terdapat kosakata “INNA”. Sedangkan kosakata “ALLADZINA” tidak bertanda kotak alias kosakata ulang karena pada ayat sebelumnya (pada pertemuan ke 1) terdapat kosakata “ALLADZINA”

Dari total 95 kosakata yang terdapat pada materi pertemuan ke 2 yang dipelajari hanya 40 kosa kata karena sisanya yang 55 merupakan pengulangan.

Baru 2 kali pertemuan, banyak kosakata yang diulang, ketimbang kosakata kunci, berarti indikasinya semakin berjalan ke pertemuan berikutnya maka semakin banyak pula terjadi pengulangan kosa kata.
Sebagai bukti mari kita lihat materi pertemuan terakhir (20) pada halaman berikutnya.

Pertemuan ke 20 terdapat 320 kosa kata

Pertemuan ke 20 ini merupakan pretemuan akhir dari paket 1, terdapat 320 kosakata akan tetapi yang diberi tanda kotak hanya 17, artinya hanya 17 merupakan kosakata baru (5%), berarti untuk memasuki paket-paket selanjutnya 95% terdiri dari kosa kata yang sudah dibahas dan hanya 5% merupakan kosakata yang baru.



Sudah jelas terbukti, sebagaimana yang terulang pada
  • surah Al Qomar (54): ayat 17, 22, 32, 40
  • Surah Maryam (19): ayat 97
  • Surah Ad Dukhan (44): ayat 58
Bahwa Al Quran sesungguhnya mudah untuk dipelajari oleh siapapun. Jika masih ada yang beranggapan sulit, maka itu bertentangan dengan Al Quran dan itu sama saja tidak percaya kepada Allah SWT
Kesimpulan pertemuan ke 20: Dari 320 kosakata, hanya ada 17 kata yang merupakan kosakata baru, itu berarti hanya ada 5%

Comments

Popular posts from this blog

Download DVD Video Media Visualisasi Program AlQuran 40 Jam